Angkat Topik Tentang Persepsi Petani, Vionita dan Tim Sabet Juara I LKTI Mahasiswa

Angkat Topik Tentang Persepsi Petani, Vionita dan Tim Sabet Juara I LKTI Mahasiswa

Sebagai upaya membangun suasana ilmiah di kampus Universitas Sunan Bonang, Fakultas Pertanian menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) mahasiswa sejak Juli hingga Agustus 2021. Tema yang diangkat adalah “Peningkatan Tata Kelola Budidaya Tanaman Pangan, Perkebunan dan Hortikultura di Tengah Pandemi Covid-19.”

Mahasiswa Fakultas Pertanian antusias menyambut perlombaan ini. Beragam judul didaftarkan kepada panitia, mulai dari topik inovasi teknologi peningkatan produksi, pengolahan produk pasca panen sampai adopsi petani terhadap teknologi terbaru. Seluruh topik yang diajukan oleh mahasiswa menjadi bagian dari upaya yang dapat dilakukan oleh petani untuk beradaptasi di era pasca pandemi Covid-19 saat ini.

Dari seluruh karya ilmiah yang terkumpul, terpilih 5 (lima) finalis yang mempresentasikan karyanya secara daring pada tanggal 23 Agustus 2021. Melalui persaingan yang cukup ketat baik dari penilaian tulisan maupun presentasi, karya ilmiah berjudul “Analisis Pengelolaan Hama Terpadu Tanaman Padi ( Oryza sativa, L.) Guna Meningkatkan Ketahanan Pangan Saat Pandemi Covid-19″. Karya tersebut hasil olah pikir Vionita Tri Erida, Arwanti Wahyu Kartika dan Laila Magfiroh di bawah bimbingan Dr. Kristiawan, S.P., M.M.. Karya Vionita dkk mengalahkan tulisan Khoirul Anam dkk berjudul “Pembuatan Kue Tiwul untuk Meningkatkan Nilai Jual Ketela Pohon dan Pisang Raja” sebagai Juara II. Sedangkan Juara III diraih oleh Rizky Ananda dkk yang mengambil judul “Peningkatan Kualitas Tanam dengan Biochar Limbah Pertanian”. Vionita dkk pun berhak mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar 1,5 juta rupiah.

Ditemui di sela-sela proses penerimaan hadiah, mahasiswi yang akrab disapa Vio ini mengungkapkan tantangan dan kunci meraih kemenangan. “Di masa PPKM seperti sekarang, proses pengumpulan data menjadi tantangan terbesar kami karena harus bertemu dengan beberapa pihak dari Dinas Pertanian. Namun dengan semangat dan kerjasama tim, semua dapat berjalan dengan baik”, kata Vio.

Raihan Vio dan suksesnya penyelenggaraan Lomba Karya Tulis Ilmiah ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Dekan Fakultas Pertanian Universitas Sunan Bonang. “LKTI ini adalah tonggak sejarah bagi kami karena baru pertama kali digelar. Dan ternyata mahasiswa kami sangat antusias. Seluruh karya mahasiswa ini akan kami bukukan. Harapan kami, lomba ini dapat dilaksanakan kembali tahun depan dengan tema yang lebih luas dan dapat melibatkan mahasiswa dari seluruh Fakultas”, kata Maimunah, S.P., M.Agr..

Selamat kepada Para Pemenang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.